Unik, Ada Goa Tersembunyi di Tengah Kota Cirebon

Unik, Ada Goa Tersembunyi di Tengah Kota Cirebon

CIREBON - Tersembunyi dan tidak banyak diketahui masyarakat bahwa di pusat Kota Cirebon terdapat sebuah goa peninggalan para leluhur Cirebon.

Namanya Goa Gianti. Goa tersebut berada di belakang salah satu rumah warga Kampung Mandalangan, Gg Gianti, Kelurahan Kasepuhan, Kota Cirebon.

Menurut sejarah, goa berukuran kecil ini dibangun putra Sultan sepuh yang pertama yakni Pangeran Arya Carbon Kararangen atau naman lainnya Pangeran Raja Gianti.

Baca juga:

Raperda Cagar Budaya Dicabut, Begini Tanggapan Budayawan

Diputusin Gara-gara Gendut, Perempuan Ini Diet Ketat dan Hasilnya…

Hotel Langensari Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Sempat Diprotes Warga

\"Goa ini dibangun sekitar tahun 1720 Masehi atau setelah pembangunan Goa Taman Air Sunyaragi. Arsitektur goa ini yakni susunan batu bata merah,\" ujar Raden Hafid Permadi yang merupakan Kabag Pemandu Wisata Keraton Kasepuhan kepada radarcirebon.com, Sabtu (3/10).

Hafid menjelaskan, goa tersebut merupakan taman yang banyak dihuni hewan peliharaan Keraton Kasepuhan yakni kijang dan rusa.

\"Menurut cerita, dahulunya tempat ini merupakan taman yang indah dan langen, sehingga dinamakan Mandalangan. Dan goa ini dijadikan tempat berteduh bagi hewan peliharaan Keraton Kasepuhan yakni kijang dan rusa,\" jelasnya.

Pantauan radarcirebon.com, kondisi goa tersebut saat ini tampak tak terurus. Bahkan, masyarakat yang hendak melihat goa tersebut harus permisi terlebih dahulu kepada pemilik rumah yang ada di depan goa itu. (rdh)

https://youtu.be/rUUT3msxzf4

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: